Pernah enggak sih kendaraan kalian mati dan sulit untuk menyala kembali akibat mesin kendaraan terlalu panas? perlu kalian ketahui ketika mobil kalian mati akibat mesin kendaraan terlalu panas itu biasanya disebut dengan overheat. Overheat sendiri bila di terjemahkan merupakan 2 suku kata dari bahasa Inggris yakni Over = berlebih, dan Heat = panas.

 

Kata overheat ini merujuk pada mesin yang mengalami panas berlebih, yang dimana mobil atau motor kamu mengalami suatu kondisi peningkatan suhu diatas suhu kerja biasanya atau di atas normal. Sebenarnya  mesin mobil sudah dirancang agar mampu mengatur suhu sehingga kondisi macet maupun suhu panas di luar tidak akan membuat mesin mengalami overheating. 

 

Seperti yang kamu ketahui, mesin pada kendaraan memang bekerja untuk mengubah energi kimiawi (pembakaran) menjadi enegi gerak. Kemudian hasil dari pembakaran tersebut sudah pasti akan menimbulkan panas, sehingga mesin dan panas itu menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan.

 

Namun sesuatu yang berlebihan seperti panas yang terjadi pada mesin dapat mengakibatkan kondisi mesin yang kurang baik. Nah, apa saja sih akibat dari mesin yang terlalu panas atau overheat, berikut adalah akibat bila mobil atau kendaraan kamu mengalami overheat.

1. Kerusakan seal yang memicu terjadinya kebocoran oli

2.  komponen berbahan plastik disekitar mesin

3. Mesin mogok akibat pemuaian komponen

 

Pada mesin kendaraan, hampir semua komponen vital terbuat dari mesin. Seperti piston, blok silinder, poros engkol dan komponen lainnya. Apabila mesin mengalami overheating, maka blok mesin akan memuai sehingga diameter blok silinder akan mengecil, lalu piston juga akan memuai sehingga diameter piston akan membesar.

 

Apa sih yang menyebabkan mesin overheat

 

Tahukah kamu apa saja penyebab mobil overheat, berikut ini beberapa penyebab dari terjadinya overheat pada mesin mobil kamu

 

1. Kipas pendingin mati

2. Air radiator habis (bisa karena bocor)

3. Ada sumbatan pada saluran air pendingin

4. Oli mesin yang habis (bisa karena bocor)

 

Keempat hal diatas tentu dapat memicu terjadinya panas berlebih khususnya pada sektor pendingin. Sistem pendingin sendiri  akan sangat berperan dalam mengendalikan suhu mesin, sehingga kalau ada sedikit gangguan pada sistem pendingin otomatis mesin bisa overheating.

 

Nah, pasitinya sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya bagaimana cara untuk mengatasi mobil yang overheat. Sebenarnya sebelum kalian mengalami overheat, kalian dapat mendeteksi keadaan mesin mobil kalian melalui indikator tempretatur mesin yang ada pada dashboard. 

 

Jika jarum masih menunjukan angka setengah dari gauge, maka mesin mobil kalian masih dalam kategori normal. Namun jika jarum mulai menunjukan level merah, maka itu pertanda aga gejala overheat pada mesin.

 

Kemudian, apabila kalian lupa atau tidak sempat untuk memastikan kondisi mesin melalui indikator temperatur yang ada pada dashboard dan mengalami overheat. Kalian tidak perlu khawatir, tokomobilku tentunya punya beberapa tips yang dapat kalian ikuti. Apa saja sih tipsnya, yuk baca selengkapnya!.

 

1. Segera berhenti mengendarai mobil. Jika mobil kalian mengalami overheat, ada baiknya jika kalian tidak memaksakan mobil tetap berjalan pada kondisi ini. Mengapa?, karena dengan kalian tetap memaksakan perjalanan nantinya akan menyebabkan mobil kalian mengalami kerusakan yang parah dan turun mesin.

 

2. Cari tempat aman. Sebelum menghentikan mobil kalian, alangkah baiknya jika kalian mencari tempat aman dan terlindungi dari matahari untuk berhenti dan kemudian matikan mesin serta buka kap mobil. Pastikan, kalian tidak lupa menyalakan lampu hazard ya!

 

3. Tunggu mesin sampai dingin , sekitar 30 menit. Nah, jika mesin mobil kalian dirasa sudah dingin, coba cek kondisi radiator. Jika air radiator kurang, cek kembali apakah ada kebocoran, dan jangan lupa cek juga kondisi air radiator. Apabila air radiator kurang, bisa ditambahkan dengan air biasa dalam keadaan darurat, tapi jangan lupa untuk dikuras lagi setelahnya

 

4. Setelah kalian mengikuti 3 tips dan langkah di atas, usahakan segera membawa mobil kalian ke bengkel terdekat untuk bisa cek lebih lengkap. Namun, jika mobil tetap mengalami overheat setelahnya, kalian bisa berhenti kembali dan lebih baik menggunakan towing untuk ke bengkel. Karena, mengemudikan mobil dengan mesin overheat alias kepanasan tentunya sangat berbahaya sebab dalam kondisi ekstrem bisa memicu kebakaran. 

Beli mobil di tokomobilku.com! 

Nah buat sahabat tokomobilku yang ingin mengganti mobil atau membeli mobil baru, kalian bisa loh langsung cek website www.tokomobil.com atau instagram kita di @tokomobilku untuk mencari dan membeli mobil bekas yang berkualitas. Toko Mobilku merupakan solusi tepat buat kalian yang sedang ingin membeli mobil baru dengan harga murah dan berkualitas. Tokomobiku sendiri adalah pusat mobil bekas, yang dimana tokomobilku menjual mobil-mobil bekas berkualitas dengan garansi 1 tahun. 

 

Jika kamu tertarik untuk melakukan pembelian, kamu bisa loh langsung aja hubungi Tokomobilku di 081.909.77.88.00 atau kamu bisa langsung cek website kita ya www.tokomobil.com